sosial media

Add Facebook Follow Twitter Follow Instagram

Rabu, 01 Oktober 2014

TIPS MENDAPATKAN DOKUMENTASI FEATURE YANG BAIK

Sebagai Traveller yang hobi berkeliling tempat pasti telah banyak menemukan kearifan lokal, kebudayaan serta masyarakat yang unik dan beragam. Tak ayal suatu dokumenterisme kini telah menjadi sifat setiap manusia modern yang gemar mengupdate perjalanannya dan apa yang ditemuinya pada saat travelling di akun sosial media miliknya.

Tentunya gampang-gampang susah mendapatkan foto atau video yang kita inginkan, terlebih jika masyarakatnya dan lingkungan sekitarnya belum terjamah oleh kebudayaan modern, pasti akan sulit menerima orang luar apalagi jika ingin mendokumentasikannya.

Tips pertama adalah, jangan dulu mengeluarkan kamera, handycam atau gadget anda jika baru tiba ditempat tujuan untuk menghindari kesenjangan sosial. Mulailah dengan bercengkrama seperti sedang mengunjungi saudara yang sudah lama tidak bertemu. Anda harus membiasakan diri dengan kebudayaan sekitar dan dituntut untuk beradaptasi dengan cepat. Sikap ramah tamah dan murah senyum wajib anda terapkan saat sedang berinteraksi dengan warga sekitar. Jika Anda menguasai bahasa lokal itu akan menjadi nilai plus. Berkomunikasilah dengan bahasa lokal yang mereka pakai, jika tidak tahu cobalah belajar sedikit-sedikit bahasa dan kebiasaan mereka sehari-hari.

Itu semua dilakukan untuk menciptakan suasana yang harmonis serta memecah tembok pembatas antara warga lokal dan pendatang sehingga masyarakat setempat merasa aman dan nyaman dengan kedatangan kita. Setelah semua sudah terasa kondusif barulah memintanya untuk mendokumentasikannya. Kalau semua berjalan lancar pasti mereka akan sangat senang untuk diliput dan hasilnya pun akan mendapatkan sebuah foto yang bercerita dan video yang sangat menarik seakan kita mendapatkan talent baru yang luar biasa natural dengan cerita kebudayaan aslinya tanpa rekayasa.




photo by Ario Wibisono
Antok Sumartono - @AntokMoluska




Tidak ada komentar:

Posting Komentar